Kegiatan Donor Darah Kampus Ungu
Di Post Oleh: Widya Tanggal: 30/09/2019 Di Baca153 kali

stikesicsada.ac.id | Kegiatan donor darah merupakan agenda rutin yang diadakan setiap kepengurusan di kabinet Badan Eksekutif Mahasiswa STIKes Insan Cendekia Husada Bojonegoro (BEM STIKes ICsada).

“Donor darah kali ini dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019, sebagai bentuk kepedulian bersama dengan tema “Berbagi darah Berbagi Kehidupan” Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat,” tuturnya ketua BEM.

Antusias pendonor sudah mulai terlihat ketika awal kegiatan ini dilaksanankan. Terlihat dari beberapa pendonor sudah mulai datang ke lokasi kegiatan pukul 08.40 WIB ketika panitia dan pihak PMI sedang bersiap-siap.

Pendonor harus melewati beberapa prosedur, sebelum menyumbangkan darahnya. Pertama, calon pendonor harus melakukan registrasi dan mengisi kuesioner. Kedua, calon pendonor harus melakukan pengecekan berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin.

“Apabila pendonor tidak memenuhi kriteria berat badan, tekanan darah, dan kadar Hemoglobin yang telah ditetapkan, pendonor tidak dapat mendonorkan darahnya. Ketiga, apabila lolos dari pengecekan dan telah memenuhi kriteria maka pendonor diperbolehkan untuk melakukan prosesi donor darah,” tambahnya.

Setelah prosesi donor darah selesai, pendonor dipersilakan untuk mengambil snack yang telah disiapkan oleh pihak PMI. Snack ini dimaksudkan untuk menambah energi bagi si pendonor karena usai mendonorkan darahnya badan akan lemas dan kehabisan tenaga.

Kembali Keatas