World Clean Up day di Bengawansolo Bojonegoro
Di Post Oleh: Widya Tanggal: 30/09/2019 Di Baca121 kali

stikesicsada.ac.id – Semangat Jiwa mahasiswa Kampus Ungu,Pagi yang Bermanfaat Kenapa Bermanfaat, yaaa karena di Hari sabtu tanggal 21 Sep 2019 Tepatnya kami Civitas Kampus Ungu memperinagti HARI Bersih  Sedunia bersama Panitia World Clean Up Day atau di singkat WCD dan dinas dinas terkait kami membersihkan kotoran dan limbah yang berada di Lingkungan Bantaran Sungai Bengawan solo yang berada di bekas tambang Perahu di desa Trucuk-Tulung Rejo kota Bojonegoro. Di situ kami mengambil dan mengumpulkan sampah atau limbah khususnya plastik yang saat mencemari tanah dan lingkunagnsekitar yang susah terurai

Kegiatan WCD Bojonegoro 2019 ini dimulai pada pukul 06.00 – selesai. Para relawan yang turut hadir dalam kegiatan ini kurang lebih berjumlah 350 relawan. Para relawan tersebut berasal dari siswa SMA maupun mahasiswa. Ada juga warga sekitar lokasi yang turut andil dalam kegiatan WCD. Kegiatan yang diketuai oleh saudari Elmish (Mahasiswa) ini berjalan dengan lancar. Mulai dari registrasi, pembukaan sekaligus briefing. Setelah itu dilanjutkan dengan pembagian kelompok pada setiap titik pembersihan limbah di bantaran bengawan. Ada enam ketua plot pada kegiatan ini. Setiap satu ketua memiliki enam anggota kelompok. Setiap kelompok memiliki tiga jenis karung. Karung yang pertama adalah karung khusus untuk limbah yang terbuat dari plastik. Karung yang kedua khusus untuk limbah non plastik. Dan karung yang ketiga, khusus untuk limbah residu.

Setelah para relawan selesai memilah limbah sesuai dengan kriterianya masing-masing, semua karung ditimbang langsung oleh pihak yang berwenang. Hasil rekapan seluruh limbah berjumlah 1 ton 2 kwintal. Dari kegiatan ini kami dapat memetik berbagai pelajaran. Jangan pernah menyepelekan limbah sekecil apapun itu, meskipun hanyasatu bungkus permen.

Kembali Keatas